Pendidikan Pemilih Elemen Penting dalam Demokrasi

- 25 November 2023, 11:05 WIB
Sebagian peserta dan anggota KPU Jateng bergambar bersama seusai Rakor Sosialiasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat di Hotel Kotta, Semarang
Sebagian peserta dan anggota KPU Jateng bergambar bersama seusai Rakor Sosialiasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat di Hotel Kotta, Semarang /Foto: Dok. Gunoto Saparie/

KARANGANYARNEWS - Pendidikan pemilih dalam pemilihan umum (Pemilu) merupakan elemen penting dalam demokrasi. Karena dari hal ini akan melahirkan pemilih yang mandiri dan rasional.

 

Hal itu dikemukakan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah Handri Tri Ujiono dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kegiatan Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat di Hotel Kotta, Taman Srigunting, Kota Lama, Semarang, Jumat, 24 November 2023.

Menurut Handri, pemilih yang mandiri dan rasional tersebut merupakan ukuran kualitas demokrasi. Salah satu indikator pemilih yang demikian itu adalah dalam menentukan pilihan politik ia tidak lagi berorientasi pada kepentingan politik jangka pendek, seperti uang, kekuasaan, dan kompensasi politik yang bersifat individual. Namun, diberikan kepada parpol atau kandidat yang memiliki kompetensi dan integritas untuk mengelola pemerintahan.

 Baca Juga: 3 Capres Berebut Suara Warga Muhammadiyah dan NU, Siapa Tertinggi Elektabilitasnya

"Sosialisasi pendidikan pemilih juga untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat tentang kepemiluan.

Kepedulian masyarakat sebagai warga negara dalam konteks pemilu akan menggiring mereka untuk aktif. Bukan hanya sekadar berpartisipasi pada saat pemungutan suara saja, tetapi juga aktif pada seluruh tahapan pemilu di berbagai level," katanya.

Antologi Puisi

 

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x