Kriterianya Tak Boleh Kawin Paksa: 4 Kandidat Cawapres PDI-P, Salah Satunya Mahfud MD

- 15 September 2023, 14:07 WIB
Mahfud MD, satu diantara  4 kandidat terkuat Cawapres PDI-P,  pendamping Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024 mendatang
Mahfud MD, satu diantara 4 kandidat terkuat Cawapres PDI-P, pendamping Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024 mendatang /Twitter.com/@ganjarpranowo/PIKIRAN RAKYAT

KARANGANYARNEWS – Perkembangan terupdate, inilah 4 nama yang disebut-sebut kandidat terkuat Cawapres pendamping Ganjar Pranowo yang diusung dan telah ditetapkan PDI-P. Siapa saja personilnya, dan apa saja kriteria serta persyaratannya?

 

Kewenangan penentuan bakal calon wakili presiden (Cawapres) yang akan diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), pendamping Ganjar Pranowo yang telah ditetap sebagai bakal calon presiden Cawapres dalam Pelpres 2024, ditentukan para Ketua Umum partai koalisi.

“Selain itu, sudah barang tenten Mas Ganjar (Ganjar Pranowo) juga ikut menentukan. Pembobotan dalam menentukan Bacawapres Mas Ganjar ada banyak timbangan," kata Ketua DPP PDI-P, Said Abdullah.

 Baca Juga: Mengintip Hutang 3 Capres 2024: Catat, Fakta Dibalik Elektabilitasnya

Dia sebutkan, beberapa pertimbangan tadi di antaranya yang pertama watak ideologis yang menunjukkan keberpihakannya terhadap kepentingan nasional. Kedua, merepresentasikan aspek kewilayahan, latar belakang, rekam jejak, jiwa kerakyatan dan kenegaraannya.

"Ketiga, elektabilitas untuk mendongkrak kemenangan. Keempat, unsur bondingnya dengan Mas Ganjar, sebab tidak bisa ‘kawin paksa’, dan kelima, daya dukung politik kepartaian," jelasnya merinci.

Simulasi 5 Kriteria

 

Halaman:

Editor: Kustawa Esye

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x