Deretan Wilayah Pantura yang Dilanda Hidrometeorologi, Ada Ibu dan Anak Hanyut

- 16 Maret 2024, 13:15 WIB
Deretan Wilayah Pantura yang Dilanda  Hidrometeorologi, Ada Ibu dan Anak Hanyut
Deretan Wilayah Pantura yang Dilanda Hidrometeorologi, Ada Ibu dan Anak Hanyut /Media Purwodadi/dok Hana Ratri./

KARANGANYARNEWS - Cuaca ekstrem yang menyebabkan hidrometeorologi basah melanda sejumlah kabupaten dan kota di kawasan Pantai Utara (Pantura) Jawa. 

Cuaca ekstrem tersebut ditandai dengan intensitas curah hujan tinggi disertai petir dan angin kencang sebelumnya termonitor dari satelit klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sejak kemarin, Rabu 13 Maret 2024 lalu.

Konsentrasi awan yang memicu cuaca ekstrem ini ditandai dengan adanya warna merah-oranye pada peta satelit di sepanjang garis pantai mulai dari Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kabupaten Kendal, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Demak, Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati dan Kabupaten Grobogan.

Baca Juga: Banjir Promo di 2.2 Shopee Live dan Video Mega Sale, Nikmati Pengalaman Baru Belanja Online

Hasil akumulasi data yang dihimpun tim Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hingga Jumat 15 Maret 2024, sejumlah wilayah kabupaten dan kota telah melaporkan kejadian bencana hidrometeorologi basah seperti banjir, banjir bandang, angin kencang dan tanah longsor.

Berikut ini daftar laporan peristiwanya sebagaimana yang dikutip dari keterangan Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari.

Pekalongan, Ibu dan Anak Meninggal Hanyut Bersama Rumahnya

Laporan pertama yang dihimpun Pusdalops BNPB dan BPBD yakni peristiwa banjir bandang yang terjadi di Desa Wangandowo, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Bencana itu terjadi setelah bangunan penampungan air mengalami kerusakan hingga jebol setelah kehilangan daya tampung.

Peristiwa yang terjadi pada hari Rabu 13 Maret 2024 pukul 19.00 WIB itu mengakibatkan dua warga meninggal dunia karena hanyut beserta dengan rumah yang ditinggalinya.

Halaman:

Editor: Abednego Afriadi

Sumber: BNPB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x