Pernikahan Kaesang-Erina: Napak Tilas Budaya, 20 Ribu Relawan dari Aceh-Papua Hadir

- 12 Desember 2022, 00:01 WIB
Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono merupakan bentuk napak tilas budaya. Acara ini turut dihadiri 20 ribu relawan dari Aceh hingga Papua. (Foto: Dok. Istimewa)
Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono merupakan bentuk napak tilas budaya. Acara ini turut dihadiri 20 ribu relawan dari Aceh hingga Papua. (Foto: Dok. Istimewa) /

KARANGANYARNEWS - Pernikahan Kaesang-Erina: Napak Tilas Budaya, 20 Ribu Relawan dari Aceh-Papua Hadir. Festival Budaya dilangsungkan selama rangkaian hajatan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono telah berhasil menghidupkan kembali tradisi dan ritual leluhur yang telah lama tak terlihat di masyarakat.

Salah satunya adalah kirab mempelai dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran Solo.

Demikian disampaikan Ketua Panitia Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Erick Thohir.

"Ini budaya yang sangat jarang kita ingat, bahkan sudah puluhan tahun tidak pernah diulang. Orang sudah lama sekali tidak melihatnya," kata Erick Thohir.

Baca Juga: Kaesang Nangis saat Sungkeman dan Siraman, Jokowi dan Iriana Sampaikan Pesan Menyentuh

Festival budaya berlangsung di sepanjang perhelatan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono merupakan upaya serius untuk menjaga budaya Indonesia bernilai sangat tinggi.

Menjaga budaya ini tetap relevan, bahkan untuk Indonesia yang menjadi negara maju.

"Itu adalah budaya yang harus kita jaga.  Sebagai negara maju, jangan lupakan budaya bangsanya sendiri," ujar Erick Thohir di Pura Mangkunegaran Solo, Minggu, 11 Desember 2022.

Dalam rangkaian pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono pada hari terakhir ini, Erick Thohir menyebutkan ada bagian paling menantang baginya sebagai ketua panitia, yakni mengkolaborasikan festival budaya dalam rangka pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dengan car free day di Solo.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x