Puasa Syawal 6 Hari Seperti Berpuasa Setahun Penuh, Begini Niat dan Tata Caranya

- 6 Mei 2022, 14:18 WIB
Ilustrasi Puasa Syawal.
Ilustrasi Puasa Syawal. /Freepik

KARANGANYARNEWS - Sebulan penuh umat muslim berpuasa di bulan Ramadhan. Memasuki bulan Syawal, ada sejumlah amalan sunnah bulan Syawal yang dianjurkan salah satunya Puasa Syawal.

Puasa Syawal merupakan puasa sunnah yang dikerjakan selama enam hari di bulan Syawal setelah Hari Raya Idul Fitri.  Puasa Syawal ini memiliki keutamaan yang luar biasa.

Mereka yang yang megerjakan puasa Syawal selama enam hari akan mendapatkan pahala seperti orang berpuasa selama setahun penuh. Seperti hadis Rasuluulah SAW yang diriwatkan dalam Muslim.

Baca Juga: Jangan Terlewatkan, Inilah 3 Amalan Paling Disukai Allah

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh." (HR. Muslim no. 1164).

Menurut kitab Syarah Shahih Muslim tulisan Imam An-Nawawi, satu kebaikan akan diganjar dengan 10 kebaikan. Jika seseorang berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan atau 30 hari, maka orang itu sama dengan telah berpuasa 10 bulan.

Dengan demikian, puasa enam hari di bulan Syawal sama dengan puasa selama dua bulan seingga puasa Ramadhan dan Syawal akan berjumlah 360 bulan atau setahun.  

Baca Juga: Jangan Sampai Dilewatkan, Ini 6 Amalan Sunnah Sebelum Shalat Idul Fitri 

Dikutip dari laman NU Online, puasa Syawal diutamakan dikerjakan secara berturut-turut dan dimulai pada hari kedua Idul Fitri.

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x