Trauma Masa Kecil sering Menghantui? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

- 2 Januari 2023, 22:50 WIB
Trauma masa kecil sering menghantui? ini dia penyebab dan cara mengatasinya. Entah dirasa atau pun tidak, setiap orang pasti pernah mengalami suatu trauma. (Foto: Pixabay/Geralt)
Trauma masa kecil sering menghantui? ini dia penyebab dan cara mengatasinya. Entah dirasa atau pun tidak, setiap orang pasti pernah mengalami suatu trauma. (Foto: Pixabay/Geralt) /

KARANGANYARNEWS - Trauma Masa Kecil sering Menghantui? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya. Hidup adalah suatu perjalanan yang terus bergerak dari satu kejadian menuju peristiwa lainnya.

Dalam hidup tentunya kamu akan menemukan hal-hal baik, namun tak jarang pula harus berdamai dengan kondisi kurang menyenangkan, misalnya dari kejadian di masa lalu.

Entah dirasa atau pun tidak, setiap orang pasti pernah mengalami suatu trauma. Bisa jadi trauma itu terjadi di masa lalu, namun masih membekas hingga kini.

Merangkum berbagai sumber, ada beberapa penyebab trauma masa kecil, cara mengenali, dan mengatasinya. Yuk, simak!

Baca Juga: 5 Cara Mudah Hilangkan Bau Mulut, Dijamin Makin Percaya Diri

Penyebab trauma masa kecil

Ada beberapa hal pemicu trauma masa kecil, di antaranya kasus perceraian orangtua, menyaksikan kekerasan di rumah, mengalami segala jenis pelecehan (verbal, fisik, seksual, emosional), trauma ditinggal orang tercinta, ketidakstabilan ekonomi, sering pindah tempat tinggal atau sekolah, masalah kesehatan, dan menjadi korban bullying.

Cara mengenali seseorang mengalami trauma masa kecil

Biasanya seseorang mengalami trauma akan memiliki prestasi akademik kurang baik, punya masalah kesehatan mental jangka panjang, kerap mengalami mimpi buruk, susah konsentrasi, bermasalah dengan perilakunya sehari-hari, kurang percaya diri, dan bahkan bisa mengalami depresi serta memiliki pemikiran untuk mengakhiri hidup.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x