Awas Baby Blues Bunda! Ini Dia Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

- 18 Oktober 2023, 23:57 WIB
Awas baby blues bunda. Ini dia penyebab, gejala dan cara mengatasinya. Kondisi ini umum terjadi dan dialami sekira 80 persen ibu baru. (Foto: Pixabay/RitaE)
Awas baby blues bunda. Ini dia penyebab, gejala dan cara mengatasinya. Kondisi ini umum terjadi dan dialami sekira 80 persen ibu baru. (Foto: Pixabay/RitaE) /

KARANGANYARNEWS Awas Baby Blues Bunda! Ini Dia Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya. Kelahiran buah hati pastinya memberi kebahagiaan tersendiri bagi setiap ibu. Apalagi jika bayi yang dilahirkan dalam keadaan sehat, tentunya makin membuat ibu kian merasa bahagia.

Terlepas dari suka cita menyambut kehadiran sang buah hati, tak sedikit di antara wanita justru merasa cemas, sedih, dan depresi setelah melahirkan.

Kondisi demikian dikenal dengan istilah baby blues syndrome alias sindrom baby blues.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan yang Mendukung Pola Makan Sehat Selama Hamil, Konsumsi Telur hingga Susu

Baby blues syndrome merupakan perubahan suasana hati setelah melahirkan di mana ibu merasa terharu, cemas hingga gampang tersinggung. Kondisi ini umum terjadi dan dialami sekira 80 persen ibu baru.

Sindrom baby blues bisa muncul dalam kurun waktu tiga hingga sepuluh hari setelah melahirkan.

Sindrom ini biasanya berlangsung antara dua hingga tiga hari di masa nifas. Munculnya perubahan suasana hati setelah melahirkan merupakan respons normal terhadap perubahan hormon yang berhubungan dengan kelahiran.

Baca Juga: Israel Bom Rumah Sakit Gaza, 500 Orang Meninggal Dunia

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah