Tradisi Lebaran Ketupat Tanggal Berapa?  Ini Sejarah dan Filosofinya

- 15 April 2024, 18:08 WIB
Lebaran Ketupat Tanggal Berapa?  Ini Sejarah dan Filosofinya.
Lebaran Ketupat Tanggal Berapa? Ini Sejarah dan Filosofinya. /Shutterstcok

KARANGANYARNEWS - Setelah merayakan Lebaran 1 Syawal atau Idul Fitri, sebagian masyarakat akan merayakan Lebaran Ketupat aau juga dikenal dengan nama Bakda Kupat.

Tradisi Lebaran Ketupat ini dilakukan seminggu setelah Idul Fitri, atau pada hari ke-8 di bulan Syawal.  Momen ini juga menandai selesainya puasa Sunnah 6 hai pertama di bulan Syawal.

Saat Lebaran Ketupat, masyarakat akan makan ketupat dan hidangan pelengkapnya bersama keluarga dan tetangga. Ketupat biasanya disajikan dengan, opor, sambal goreng atau rendang.

Baca Juga: Berebut 3 Kuintal Ketupat: Catat tanggal dan Kehebohannya, Grebeg Syawalan Bukit Sidoguro Klaten 

Sejarah Lebaran Ketupat

Lebaran Ketupat ini merupakan tradisi yang digelar di beberapa daerah di Indonesia. Tahun ini Lebaran Ketupat atau Bakda Kupat jatuh pada Rabu 17 April 2024.

Lebaran Ketupat sendiri merupakan adalah cara masyarakat desa merayakan lebaran. Tradisi ini diperkenalkan pada masa Kesultanan Demak pada abad ke-16 M.

Tradisi bakda kupat ini menjadi bagian dari cara Sunan Kalijaga, salah satu Wali Songo, menyebarkan agama Islam di  Jawa. Lebaran Ketupat masih dijalankan hingga saat ini.

Baca Juga: Ketupat Lebaran Syawal: Akulturasi Budaya Humanis Hindu Budha dan Islam 

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah