10 Daftar Sup Terenak di Dunia, Rawon Teratas Kalahkan Ramen

- 2 Agustus 2023, 23:30 WIB
10 daftar sup terenak di dunia, rawon teratas kalahkan ramen. Masakan daging berkuah khas Jawa Timur, rawon jadi sup terenak di dunia menurut Taste Atlas. (Foto: Cookpad/dapurVY)
10 daftar sup terenak di dunia, rawon teratas kalahkan ramen. Masakan daging berkuah khas Jawa Timur, rawon jadi sup terenak di dunia menurut Taste Atlas. (Foto: Cookpad/dapurVY) /

KARANGANYARNEWS 10 Daftar Sup Terenak di Dunia, Rawon Teratas Kalahkan Ramen. Masakan daging berkuah khas Jawa Timur, rawon resmi menjadi sup terenak di dunia menurut daftar '10 Best Rated Soups in the World' oleh Taste Atlas pada 2023.

Berdasarkan daftar yang dirilis pada 31 Juli 2023, rawon mencatatkan ulasan bintang senilai 4,8.

Angka ini mengungguli sembilan sup khas negara lainnya yang juga masuk ke dalam daftar sup terenak di dunia.

Kerennya lagi, sajian khas Jawa Timur berupa potongan daging berpadu kuah hitam ini berhasil mengalahkan sup mi populer asal Negeri Sakura Jepang, ramen.

Baca Juga: Dahsyat! Rawon jadi Sup Terenak di Dunia, Kalahkan Ramen

"Rawon adalah masakan unik Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Sup beraroma ini dibuat dengan daging sapi yang dimasak perlahan dan bahan-bahan tradisional Indonesia lainnya, seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai," tulis Taste Atlas, dikutip Rabu, 2 Agustus 2023.

Dalam ulasan daftar tersebut, Taste Atlas juga menyinggung penggunaan kluwek atau kenari hitam sebagai 'elemen kunci' resep rawon. Pasalnya, kluwek terkenal sangat beracun jika dikonsumsi dalam keadaan mentah.

"Rempah Indonesia yang tidak lazim ini sangat beracun jika dimakan mentah dan selalu harus difermentasi sebelum dikonsumsi," tulis Taste Atlas.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x