Doa Mudik Lebaran 2024: Singkat Mudah Dihafal, Selamat Sampai Tujuan

- 7 April 2024, 03:05 WIB
Pulang ke kampung halaman? Berikut 5 rangkaian doa mudik Lebaran 2024, singkat mudah dihafal dan Insya Allah selamat sampai tujuan
Pulang ke kampung halaman? Berikut 5 rangkaian doa mudik Lebaran 2024, singkat mudah dihafal dan Insya Allah selamat sampai tujuan /Antara Foto/ANTARA

KARANGANYARNEWS - Mudik Lebaran tahun ini, lebih semarak dan makin padat arus lalu lintas. Itulah perlunya kewaspadaan dan hati-hati sepanjang perjalanan. Berikut 5 rangkaian doa mudik Lebaran 2024, singkat mudah dihafal dan Insya Allah selamat sampai tujuan.

Mudik, tradisi tahunan setiap Hari Raya Idul Fitri yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya. tradisi mudik yang menurut etimologi berasal dari kata ‘udik’, sudah dikenal di Indonesia semenjak masyarakat memulai urbanisasi.

"Karena orang desa dianggap ‘udik’ kalau pulang ke kampung halamannya dikatakan  ‘mudik’ atau ‘menuju ke udik’,” terang Guru Besar FIB Universitas Airlangga, Prof. Purnawan Basundor sebagaimana diunggah di situs resmi Dinas Komunikasi dan Informasi Jawa Timur.

 Baca Juga: 6 Syariat Membayar Fidyah Puasa Ramadhan Untuk Orang yang Meninggal Dunia

Disebutkan, masyarakat desa berduyun-duyun menuju ke kota untuk mencari pekerjaan. Karena urbanisasi inilah, masyarakat rindu dengan kampung halamannya.  Urbanisasi, menurut dia sudah berlangsung setelah kemerdekaan.

“Paling banyak orang desa urbanisasi mencari pekerjaan ke kota-kota besar, seperti Jakarta dan Surabaya serta kota-kota lainnya sekitar tahun 1960-1970-an,” terang Prof. Purnawan Basundor menambahkan.

 

5 Rangkaian Doa Mudik

Nah, teruntuk kalian yang mudik dari berbagai kota ke kampung halamannya masing-masing. Baik naik armada transportasi umum atau kendaraan pribadi, berikut 5 rangkaian doa mudik Lebaran 2024 yang lafadznya pendek dan mudah dihafal.

 Baca Juga: Pemudik yang Lewat Pantura Wajib Tahu, Sejumlah Posko Kesehatan Ini Siaga 24 Jam

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah