Revitalisasi Bahasa Daerah 2023, Jawa Tengah Libatkan Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta

- 8 Maret 2023, 19:35 WIB
Peserta Program Merdeka Belajar Episode 17, Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) Tahun 2023 yang diselenggarakan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah
Peserta Program Merdeka Belajar Episode 17, Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) Tahun 2023 yang diselenggarakan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah /Dok. Balai Bahasa Jateng/

KARANGANYARNEWS - Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, tahun ini melanjutkan Program Merdeka Belajar Episode 17 Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD). Tahun 2023  ini, merupakan tahun ketiga.

Sebagai langkah awal RBD, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Koordinasi Pakar dan Calon Pengajar. Acara itu diselenggarakan selama tiga hari di Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, tanggal 03-05 Maret 2023.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Syarifuddin mengatakan koordinasi pakar tersebut merupakan tahapan awal dari rangkaian kegiatan Revitalisasi Bahasa Daerah.

Baca Juga: Eksoktik, Rekomended dan Wajib dicoba: Inilah Sensasinya Menginap di 5 Balkondes Sekitar Candi Borobudur

Kegiatan koordinasi pakar, akan dilanjutkan dengan tahapan berikutnya, Koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Kabupaten/Kota) se-Provinsi Jawa Tengah, kemudian Pelatihan Guru Utama, Pemonitoran dan Evaluasi.

Disebutkan, selanjutnya ditutup dengan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI). Dalam FTBI, akan dilombakan baca tulis aksara Jawa, mendongeng, berpidato, dan menulis cerita cekak (cerkak).

Pada FTBI mendatang, selain 35 daerah di Jawa Tengah, juga akan dilibatkan daerah-daerah yang menggunakan bahasa Jawa, seperti Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, serta beberapa daerah di Jawa Barat, antara lain Cirebon dan Indramayu.

Baca Juga: Pesena Wanita Kelahiran Kelahiran Neptu Weton Kamis Pon, Idola Setiap Pria

"Demikian juga dua daerah di wilayah Cilacap dan Brebes yang menggunakan bahasa Sunda, dapat mengikuti FTBI di Jawa Barat,” kata Syarif saat menutup acara di ruang Cipto Mangunkusumo, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x