Eksoktik, Rekomended dan Wajib dicoba: Inilah Sensasinya Menginap di 5 Balkondes Sekitar Candi Borobudur

- 8 Maret 2023, 17:35 WIB
Menginap di Balkondes seputar Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menjadi pengalaman berbeda
Menginap di Balkondes seputar Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menjadi pengalaman berbeda /Arief Winarko/ KaranganyarNews/

KARANGANYARNEWS - Sebagai destinasi penunjang wisata Candi Borobudur,  terdapat berbagai tempat bagi  wisatawan domestik atau mancanegara, diperuntukan berwisata sekaligus menginap di seputaran obyek wisata Candi Borobudur.

Tempat-tempat yang diririkan oleh BUMN (Badan Usaha Milik Negara) tadi, menjadi daya tarik tersendiri. Tempat tersebut bernama Balkondes (Balai  Ekonomi Desa). Proyek Balkondes, merupakan proyek kerjasama yang dibangun anatar desa setempat dan BUMN.

Berdirinya Balkondes oleh pemerintah, tidak lain untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang berada di pusat wisata Candi Borobudur.  Dahulu masyarakat hanya menjadi penonton, saat ini masyarakat yang desanya dijadikan Balkondes dilibatkan menjadi  pegelola penginapan berkonsep wisata ini.

Baca Juga: 5 Hotel Rekomended: Berbintang, Low Budged, Dekat Bandara Adi Sumarmo dan Museum Dhe Colomadu

Memang, paska pandemi  Covid-19, tempat menginap di balkondes ini mengalami penurunan  tamu yang menginap, sehingga banyak yang  kurang tertata. Namun, muali tahun 2022 kebangkitan Balkondes mulai kelihatan, penghunjung yang datang berwisata dan menginap pun kenaikannya sangat drastis.

Seperti yang dilansir KaranganyarNews.com dari pengelolanya, tercatat terdapat 5 Balkondes yang lebih menjadi pilihan pengunjung dari sekian puluh Balkondes yang ada di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Berikut, rician dan penjelasan selengkapnya:

  1. Balkondes Karangrejo

Berada  kurang lebih 3 km dari Candi Borobudur, Balkondes Karangrejo  di kampung Bumen Jelapan, Karangrejo, Borobudur Magelang. Menawarkan eksoktiknya alam pertanian dan perkebunan di sepanjang  jalan desa Karangrejo.

Baca Juga: 5 Desa Wisata Lereng Gunung Merapi, Rekomended untuk Berlibur dan Menginap Bersama Keluarga

Di tempat ini, sangat  dekat dengan wisata Puthuk Setumbu sebagai  tempat unggulan melihat terbitnya matahari. Selain itu, tempat ini juga pernah di jadikan pembuatan film AADC  (Ada Apa Dengan Cinta).

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x