Dibalik Kemeriahan Karnaval Merdeka Belajar 2023 Jogja, Inilah Makna Filosofinya

- 1 Juni 2023, 18:35 WIB
Meriah, 500 peserta ikuti Karnaval Merdeka Belajar (KMB) Jogja 2023 di Titik 0 Km Jogja
Meriah, 500 peserta ikuti Karnaval Merdeka Belajar (KMB) Jogja 2023 di Titik 0 Km Jogja /Foto: Dok. Irnie/

KARANGANYARNEWS - Semangat dan semaraknya Karnaval Merdeka Belajar di Jogja, menginspirasi dan memantik seluruh masyarakat untuk mengembangkan kemerdekaan belajar yang bermuara pada kreativitas cipta karya. Demikian Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim dalam acara Karnaval Merdeka Belajar (KMB).

 

Acara ini dimulai dari Museum Benteng Vrederburg Jogja, salah satu cagar budaya yang dikelola Kemendikbudristek. Karnaval yang digelar Minggu 28 Mei 2023 malam, berjalan berarakan mengarah ke Titik 0 Km Kota Jogja.

Sebagaimana diketahui, Titik 0 Km Kota Jogja merupakan, silang budaya Nusantara dan lahirnya kota pendidikan pertama Indonesia. Tak kurang 500 peserta berasal dari pelajar, masyarakat, dan pelaku seni budaya mengikuti kegiatan ini.

 Baca Juga: Rasanya Top Markotop, Ini 5 Kuliner Legendaris di Jogja Paling Laris Manis, Gurihnya Nagih

Ratusan peserta yang mengikuti Karnaval Merdeka Belajar (KMB), berasal dari sanggar maupun asrama mahasiswa yang tergabung dalam Barisan Indonesia Belajar.

Dengan memadukan kreativitas seni, tari, didukung penataan cahaya, desain teknologi, musikalitas dan didukung koreografer muda dari  Jogja menjadikan Karnaval Merdeka Belajar sebagai ajang budaya yang berpadu dalam kemeriahan.

Dampak Sosial Signifikan

 

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x