Candi Cetho, Wisata Eksotik nan Instagrammable di Timur Laut Karanganyar

- 21 Januari 2023, 11:43 WIB
Candi Cetho, wisata eksotik nan Instagrammable di Timur Laut Karanganyar. Bangunan artifisial ini diyakini merupakan tempat petilasan Brawijiya V dan diperkirakan dibangun pada masa Kerajaan Majapahit. (Foto: Dok. Istimewa)
Candi Cetho, wisata eksotik nan Instagrammable di Timur Laut Karanganyar. Bangunan artifisial ini diyakini merupakan tempat petilasan Brawijiya V dan diperkirakan dibangun pada masa Kerajaan Majapahit. (Foto: Dok. Istimewa) /

KARANGANYARNEWS - Candi Cetho, Wisata Eksotik nan Instagrammable di Timur Laut Karanganyar. Di sisi Timur Laut Karanganyar, tepatnya di Kecamatan Jenawi, di lereng Gunung Lawu terdapat candi bercorak Hindu, yakni Candi Cetho.

Bangunan artifisial ini diyakini merupakan tempat petilasan Brawijiya V dan diperkirakan dibangun pada masa Kerajaan Majapahit,

Merangkum berbagai sumber, letak Candi Cetho berada di ketingian 1496 mdpl menjadikannya salah satu candi tertinggi di Indonesia bersama Candi Arjuna, Candi Gedong Songo, dan Candi Ijo.

Saat ditemukan, Candi Cetho berbentuk sebuah reruntuhan dengan 14 teras memanjang dari Barat ke Timur dengan struktur bertingkat, diduga kuat merupakan kultur budaya Nusantara dengan Hindu.

Baca Juga: Gokil! 13 Tahun Bersama, Gibran Tak Pernah Bilang I Love You ke Selvi Ananda

Pemugaran Candi Cetho kali pertama dilakukan pada 1970 oleh Sudjono Humardani.

Ia mengubah total struktur asli candi ini, meskipun konsep punden berundak masih tetap dipertahankan.

Nah, buat kamu yang pengin berkunjung ke Candi Cetho, nggak usah khawatir Sob, tempat ini gampang dijangkau kok.

Jika dari Kota Solo, kamu harus menuju ke arah Karanganyar yang merupakan lokasi Candi Cetho.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x