Link Baca Novel Gadis Kretek yang Diangkat Jadi Serial di Netflix

- 4 November 2023, 07:05 WIB
Dian Sstrowardoyo dalam serial Gadis Kretek.
Dian Sstrowardoyo dalam serial Gadis Kretek. /Netflix

KARANGANYARNEWS -  Gadis Kretek tayang di Netflix mulai 2 November 2023. Ini merupakan serial original pertama asal Indonesia karena selama ini Netflix banyak berisi serial dari Korea dan Amerika.

Dibintangi artis papan atas Dian Sastrowardoto, serial Gadis Kretek diadaptasi dari novel karya Ratih Kumala berjudul sama. Novel ini sudah diterjemahkan dalam tiga bahasa, yaitu Inggris, Mesir dan Jerman.

Selain itu, Gadis Kretek merupakan satu dari sepuluh novel yang memenangi penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa tahun 2012. Mengisahkan sejarah pabrik kretek di awal kemerdekaan dengan bumbu romansa.

Baca Juga: Serial Gadis Kretek Tayang di Netflix, Romansa Seru Tahun 1960-an 

Dua tokoh sentral, Soeraja dan Darsiyah alias Jeng Yah menjadi benang merah rangkain dari kisah tragedi dan asmara keduanya.  Jeng Yah, perempuan tangguh yang punya mimpi sebagai peracik ketek.

Namun, mimpi Jeng Yah terhalang tradisi bahwa perempuan hanya boleh menjadi pelintin, bukan peracik kretek. Namun, Jeng Yah diam-diam tetap membuat rackan kreteknya sendiri.

Soeraja terpikat dengan kretek buatan perempuan ini. Lintingan Jeng Yah menjadi ramuan rahasia dari rasa manis Kretek Gadis. Rupanya, rasa manis didapat dari air liur Jeng Yah yang menjadi perekat kertas lintingan.

Baca Juga: Dibintangi Dian Sastrowardoyo, Serial Gadis Kretek segera Tayang di Netflix 

Di pabrik rokok kretek inilah kisah dengan segala konflik dan tragedinya. Gadis Kretek membawa pembacanya pada lika-liku bisnis kretek dari zaman penjajahan Jepang, awal kemerdekaan, hingga di masa modern.

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x