Mudik Lebaran 2023: Inilah 6 Oleh-oleh Fenomenal dan Legendaris Khas Gunungkidul

- 26 April 2023, 12:05 WIB
Tiwul oleh-oleh legendaris khas Kabupaten Gunung Kidul yang paling banyak dicari pemudik Lebaran 2023
Tiwul oleh-oleh legendaris khas Kabupaten Gunung Kidul yang paling banyak dicari pemudik Lebaran 2023 /Arief Winarko/ KaranganyarNews/

KARANGANYARNEWS –  Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang lebih dikenal dengan sebutan Jogja, masih menjadi daerah yang banyak dikunjungi wisatawan. Lebaran 2023 ini banyak didatangi pemudik, selain untuk bersilaturahmi kepada sanak saudara, kegiatan wisata dan kuliner juga menjadi pilihan utama.

 

Nah, salah satu daerah yang saat ini menjadi trend bagi wisatawan yaitu Kabupaten Gunungkidul, bagi  anak muda menyebutnya  Jogja lantai 2. Di Kabupaten ini terdapat oleh-oleh dan kuliner yang selalu dinanti para pemudik sebagai buah tangan.

Selain wisata pantai, Gunungkidul juga terkenal akan banyak oleh-oleh khas, berikut 6 oleh-oleh paling fenomenal dsn terlaris khas Kabupaten Gunungkidul, sebagaimana dilansir KaranganyarNews.com  dari beberapa sumber:

 Baca Juga: Ledre Laweyan, Oleh-oleh Khas Solo Cocok buat Jajanan Mudik Lebaran

  1. Tiwul

Berbahan dasar dari singkong, tiwul merukanan pangganan di Gunungkidul yang memiliki sejarah. Dahulunya panganan ini dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Berwarna kecoklatan, tiwul  rasanya cukup gurih dan manis, diatasnya terdapat parutan kelapa.

Tiwul, saat ini naik kelas, menjadi oleh-oleh yang sudha dikemas menari. Da terdapat beberapa varian seperti rasa original, gula jawa, coklat, keju dan pandan.

  1. Gatot

 

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x