Terdampak Asap dan Abu Kebakaran Gunung Lawu: Warga puluhan Desa Didera Batuk dan Sesak Nafas

- 3 Oktober 2023, 15:35 WIB
Gugusan asap kebakaran Gunung Lawu yang semakin meluas ke berbagai wilayah
Gugusan asap kebakaran Gunung Lawu yang semakin meluas ke berbagai wilayah /tangkapan GWA RelaWan/

 

KARANGANYARNEWS – Warga puluhan desa di lereng Gunung Lawu baik yang berada di provinsi Jawa Tengah maupun Jawa Timur terdampak asap dan abu  kebakaran Gunung Lawu. Akibatnya, sejumlah warga di Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, didera batuk-batuk dan sesak nafas.

 Hingga berita ini diturunkan memang belum konfirmasi kepastian data dari institu terkait. Namun demikian, informasi yang berhasil dihimpun KaranganyarNews.com menyebutkan, di wilayah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, sedikitnya tercatat 4 Kecamatan di lereng Gunung Lawu yang terdampak asap dan debu kebakaran Gunung Lawu yang kobaran apinya kian meluas.

Empat kecamatan di Kabupaten Karanganganyar, Jawa Tengah, yang terdampak langsung asap dan abu kebakaran Gunung Lawu tersebut diantaranya Kecamatan Jenawi, Kecamatan Ngargoyoso, Kecamatan Kerjo di lereng barat dan lereng Utara  Gunung Lawu dan satunga lagi Kecamatan Tawangmangu di lereng selatan Gungung Lawu.

 Baca Juga: Mbok Yem, Selamat dari Kobaran Api, Sang Legen Gunung Lawu: Tak Mau dievakuasi

Di Kecamatan Ngargoyoyo dan Kccamatan Jenawi hampir semua desa terdampak asap dan abu kebakaran Gunung lawu, kedua kecamatan yang berbatasan langsung dengan Gunung Lawu tersebut jumlahnya ada 18 desa,” kata Ketua relawan Karanganyar Emergency (KE), Joko Poles kepada KaranganyarNews.com, Selasa 03 Oktober 2023 siang.

Di lereng Barat Gunung Lawu, bahkan dampak asap dan abu kebakaran Gunung Lawu meluas hingga beberapa desa di wilayah Kecamatan Kerjo, terutama yang berada di perbatasan Kecaamatan nagargoyoso dan Kecamatan Jenawi. Termasuk diantarnya, seputaran waduk Gondang.

Batuk dan Sesak Nafas

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x