Meruwat Kutukan Hidup di Candi Sukuh Gunung Lawu, Karanganyar

- 8 Maret 2023, 18:35 WIB
Candi Sukuh di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, candi yang penuh daya tarik daripada candi yang lain
Candi Sukuh di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, candi yang penuh daya tarik daripada candi yang lain /kebudayaan.kemdikbud.co.id/

KARANGANYARNEWS - Candi Sukuh terletak di lereng Gunung Lawu, Karanganyar. Candi Sukuh, merupakan candi yang penuh daya tarik daripada candi yang lain.

 

 

Bila pada umumnya sebuah candi dibangun sebagai tempat pemujaan para dewa atau untuk pendharmaan seorang raja, tidak demikian di Candi Sukuh. Candi Sukuh merupakan candi untuk meruwat kutukan. 

Dilansir KaranganyarNews.Com dari buku 'Seri Fakta dan Rahasia Dibalik Candi: Candi Masa Majapahit', Candi Sukuh dibangun untuk tujuan pengruwatan, menangkal atau melepaskan kekuatan buruk yang mempengaruhi kehidupan seseorang.

Baca Juga: 7 Tingkatan Kehidupan di Candi Cetho, Gunung Lawu, Karanganyar

Dugaan tersebut, didasarkan pada banyaknya relief di Candi Sukuh yang betemakan tentang pengruwatan. Relief-relief yang bertemakan pengruwatan kutukan yang dipahatkan di Candi Sukuh, diambil dari Kidung Sudamala dan Garudheya.

Di depan candi induk Candi Sukuh agak ke selatan, terdapat tiang batu yang berisi pahatan cuplikan kisah Garudheya. Garuda (Garudheya), adalah nama seekor burung putra Begawan Kasyapa dan Dewi Winata.

Lebih lanjut dalam Buku Seri Fakta dan Rahasia Dibalik Candi: Candi Masa Majapahit, cerita bertemakan tentang ruwatan kutukan di dalam cerita Garudheya diambil dari Kitab Adiparwa.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x