Sri Sulistyaningsih, Kitab Sasangka Jati Sumber Nilai-nilai Moral dan Etika

- 22 Maret 2023, 16:35 WIB
Sri Sulistyaningsih bersama suaminya, Heri Susanto dan Prof Dr Sri Puryono, Prof Dr Teguh Supriyanto, dan Gunoto Saparie seusai Ujian Terbuka Promosi Doktor Manajemen Kependidikan di Gedung Pascsarjana Unnes
Sri Sulistyaningsih bersama suaminya, Heri Susanto dan Prof Dr Sri Puryono, Prof Dr Teguh Supriyanto, dan Gunoto Saparie seusai Ujian Terbuka Promosi Doktor Manajemen Kependidikan di Gedung Pascsarjana Unnes /Dok Pribadi/

KARANGANYARNEWS - Kitab Sasangka Jati merupakan sumber nilai-nilai moral dan etika atau budi pekerti luhur, nilai-nilai tersebut menekankan pada aspek-aspek spiritual dan emosional.

Kitab Sasaangka Jati membangun watak utama yang disebut Hasta Sila, yaitu Tri Sila (sadar, percaya, dan taat kepada Tuhan), di mana merupakan aspek spiritual dan Panca Watak Utama (rela, nerima, jujur, sabar, dan budi luhur) yang merupakan aspek emosional.

Hal itu tersebut dikemukakan Dr Sri Sulistyaningsih MM, ketika mempertahankan disertasinya pada Ujian Terbuka Promosi Doktor Manajemen Kependidikan di Gedung B Ruang 106, Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Selasa, 21 Maret 2023.

Baca Juga: Google Peringati 83 Tahun Kelahiran Sastrawan Sapardi Djoko Damono, Inilah Puisi Dia yang Difilmkan

Disertasi Sri berjudul “Peran dan Kontribusi Organisasi Kejiwaan Pangestu dalam Proses Internalisasi Nilai-Nilai Moral dan Etika yang Bersumber dari Kitab Sasangka Jati Guna Mendukung Penguatan Pendidikan Karakter Generasi Muda di Indonesia.”

Bertindak sebagai promotor Prof Dr Tri Joko Raharjo MPd, kopromotor Prof Dr Ir agus Hermanto MM, dan anggota promotor Dr Titi Prihatin MPd, di mana sekaligus sebagai anggota penguji.

Sedangkan Prof Dr S Martono MSi ketua penguji, Prof Dr Agus Nuryatin Mhum sekretaris penguji, sementara anggota penguji yang lain adalah Prof Dr Eko Handoyo MSi, Prof Dr Dedi Purwana ES Mbus, dan Prof Dr Suwito Eko Pramono MPd.

Baca Juga: Sesulit Apapun Doanya Terkabulkan, Inilah 4 Weton Wanita Paling Ijabah di Bulan Puasa Ramadhan 2023

Sri Sulistyaningsih mengatakan, Kitab Sasangka Jati yang menjadi pedoman bagi organisasi kejiwaan Pangestu, yang memuat nilai-nilai moral dan etika perlu diketahui generasi berikutnya.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x