Peran Strategis Tokoh Lintas Agama Sukseskan Pemilu 2024 Damai dan Bermartabat

- 2 Februari 2024, 10:05 WIB
Ketua FKUB Kabupaten Klaten, KH Syamsuddin Asyrofi bersama peserta Rakor PKUB se Kecamatan Wedi
Ketua FKUB Kabupaten Klaten, KH Syamsuddin Asyrofi bersama peserta Rakor PKUB se Kecamatan Wedi /Foto: Moch Isnaeni/

KARANGANYARNEWS - Tokoh lintas agama berperanan sangat strategis mensukseskan Pemilu 2024  damai dan bermartabat, mereka memiliki kemampuan menyatukan masyarakat melalui nilai-nilai kebersamaan  yang diakui berbagai kelompok agama dan masyarakat.

Dengan memfokuskan pada persamaan daripada perbedaan, tokoh agama dapat memperkuat persatuan ditengah keragaman, demi suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024 damai dan bermartabat.

Demikian ditegaskan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama  (FKUB) Kabupaten Klaten KH Syamsuddin Asyrofi, dalam Rakor Paguyuban Kerukunan Umat Beragama  (PKUB) se Kecamatan Wedi,  Kamis  01 Februari 2024.

 

Meningkatkan Pemahaman Antarumat Beragama

Menurut dia,  tokoh lintas agama memiliki kemampuan memediasi, dapat berperan sebagai penengah ketika terjadi konflik atau ketegangan selama proses Pemilu 2024 dan membantu menemukan solusi secara adil dan damai.

 Baca Juga: Sukseskan Pemilu 2024 Damai dan Bermartabat, PKUB Sinergiskan Tokoh Lintas Agama

Dalam acara yang berlangsung di Desa Gadungan, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, tadi Syamsuddin menjelaskan, tokoh agama dapat mengadvokasi pesan toleransi, saling menghormati, dan kerukunan antarumat beragama.

"Mereka dapat memberikan ceramah dan pernyataan yang menekankan pentingnya hidup berdampingan dengan damai tanpa memandang perbedaan pilihan  dalam Pemilu dan perbedaan agama",  katanya.

Menurut  Syamsuddin, tokoh agama juga dapat mengorganisir dialog atau pertemuan antarumat beragama untuk dapat membantu mengurangi ketegangan dan meningkatkan pemahaman antarumat beragama.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x