Ketua Satupena Kabupaten Semarang Tirta Nursari Sebut Penulis Lokal Tak Kalah dengan Penulis Mayor

- 11 Mei 2023, 16:05 WIB
Sebagian anggota Satupena Kabupaten Semarang dalam acara pembentukan pengurus di TBM Warung Pasinaon, Bergas, Kabupaten Semarang
Sebagian anggota Satupena Kabupaten Semarang dalam acara pembentukan pengurus di TBM Warung Pasinaon, Bergas, Kabupaten Semarang /Dok Satupena/

KARANGANYARNEWS - Kepengurusan Perkumpulan Penulis Indonesia,  Satupena Kabupaten Semarang akhirnya terbentuk dan tertata lengkap. Setelah sebelumnya hanya ada nama Tirta Nursari yang ditunjuk sebagai koordinator di wilayah ini, oleh pengurus Satupena Provinsi Jawa Tengah.

 

Dalam pembentukan pengurus yang berlangsung di TBM Warung Pasinaon Bergaslor, Bergas, Kabupaten Semarang, Minggu 07 Mei 2023 tercatat 21 nama melengkapi  kepengurusan Satupena Kabupaten Semarang periode 2023-2028, terpilih sebagai Ketua Tirta Nursari.

Satupena, organisasi yang menaungi penulis lintas genre dan lintas generasi di seluruh Indonesia. Organisasi yang berpusat di Jakarta ini, telah terbentuk di 34 Provinsi se Indonesia. Untuk tingkat pusat ketuanya Denny JA. Sedangkan di Provinsi Jawa Tengah, diketuai Gunoto Saparie.

 Baca Juga: Pengurus Satupena Karanganyar Siap Dikukuhkan, Inilah 22 Personilnya

“Maksud dan tujuan dari pendirian organisasi ini, untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalisme penulis, melindungi hak-hak penulis atas hasil karyanya, melindungi kebebasan berekspresi penulis, dan meningkatkan kesejahteraan penulis,” kata Tirta Nursari.

Berbeda dengan kepengurusan Satupena daerah lain yang Ketua dan pengurusnya didominasi wartawan, Tirta Nursari yang memandegani Satupena Kabupaten Semarang, lebih dikenal sebagai pegiat literasi yang juga penulis.
Komunitas Literasi

 

Meski secara resmi baru beberapa hari dibentuk bahkan belum pula dikukuhkan, namun Satupena Kabupaten Semarang saat ini sudah memiliki 50-an anggota. Diantaranya terdiri dari para jurnalis media cetak maupun daring, content creator, blogger, hingga guru, dan penulis.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x