Geger Video Promosi Pariwisata Filipina, Comot Pemandangan Bali

- 4 Juli 2023, 11:25 WIB
Geger video promosi pariwisata Filipina, comot pemandangan Bali. Video kampanye pariwisata terbaru Filipina bertajuk Love The Philippines menuai kontroversi. (Dok. Istimewa)
Geger video promosi pariwisata Filipina, comot pemandangan Bali. Video kampanye pariwisata terbaru Filipina bertajuk Love The Philippines menuai kontroversi. (Dok. Istimewa) /

KARANGANYARNEWS - Geger Video Promosi Pariwisata Filipina, Comot Pemandangan Bali. Video kampanye pariwisata terbaru Filipina bertajuk “Love The Philippines” menuai kontroversi. Dalam video itu ternyata ada footage pemandangan dari negara lain, salah satunya Indonesia.

Bukannya pemandangan lokal, video promosi pariwisata justru menayangkan panorama alam di beberapa negara lain. Beberapa di antaranya persawahan di Ubud, Bali, Indonesia.

Selanjutnya ada bukit pasir di Uni Emirat Arab hingga pendaratan pesawat di Swiss. Atas kejadian itu, akhirnya agensi periklanan DDB Filipina mengungkapkan permintaan maafnya.

Sekretaris Pariwisata Filipina, Christina Garcia Frasco, mengatakan tidak ada dana publik digunakan untuk membuat video tersebut.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Film Indonesia Terbaru Tayang di Bioskop Juli 2023, Ada Horor hingga Komedi

Pihaknya juga telah berulang kali meminta konfirmasi dari agen periklanan terkait keaslian materi digunakan dalam video, dan itu adalah milik mereka sendiri dan asli.

“Semua kesempatan ini, DDB berulang kali meyakinkan Department of Tourism (DOT) Filipina  bahwa orisinalitas dan kepemilikan semua materi sudah beres. Video tersebut dibuat sebagai bagian dari kampanye "Love the Philippines" senilai 900 ribu dollar Amerika Serikat (sekira Rp13,5 miliar) yang diluncurkan pada akhir Juni,” kata Christina Garcia Frasco, dikutip dari sebuah sumber, Senin, 3 Juli 2023.

Penggunaan video dari negara lain kali pertama diungkap seorang analisis kantor berita Prancis AFP dan blogger Filipina Sass Rogando Sasot.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x