Inilah Jawaban dan Dalilnya, Kenapa Musafir Diperbolehkan Tidak Puasa Ramadhan?

- 7 April 2023, 03:35 WIB
Inilah syariat puasa Ramadhan teruntuk musafir, dilengkapi dalil-dalil yang melandasi hukumnya
Inilah syariat puasa Ramadhan teruntuk musafir, dilengkapi dalil-dalil yang melandasi hukumnya /Ilustrasi Musafir di Jaman Rasulullah/ Pixabay/

KARANGANYARNEWS - Dalam syariat Islam, seseorang yang sedang dalam perjalanan mendapatkan keringanan dalam melaksanakan kewajiban sholat dan puasa, sebagaimana hukum puasa yang digantikan seminggu sebelum bulan Ramadhan tiba.

 

Sudah barang pasti, terkit ketentuan syariat ini harus didasarkan atas hukum dan ketentuan yang jelas dan kewajibannya tetap mengganti puasa pada hari yang lain sebagaimana niat puasa pengganti puasa Ramadhan.

Sebagaimana dilansir KaranganyarNews.com dari portal dalamislam.com, berikut syariat puasa Ramadhan bagi musafir dilengkapi dalil-dalil yang melandasi hukumnya.

Baca Juga: Wanita Istihadah Tetap Diwajibkan Puasa Ramadhan, Inilah Perbedaannya dengan Menstruasi

Secara etimologi musafir berasal dari kata kerja Arab safara, berarti berpergian. Dalam penertian secara luas, musafir berarti orang yang melakukan perjalanan. Kata safarin sendiri berarti perjalanan. Sebagaimana  disebutkan  dalam Alquran berikut ini:

وَإِنْ كُنْتُمْ عَلَى سَفَرٍ وَلَمْ تَجِدُوا كَاتِبًا فَرِهَانٌ مَقْبُوضَةٌ… [البقرة/283]

“Dan jika kalian dalam perjalanan, dan tidak menjumpai seorang penulis, maka hendaklah hendaklah ada jaminan (yang bisa dipegang).”

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x