Siaran Analog Dihentikan, Ini Link dan Cara Dapatkan STB Gratis untuk TV Digital

- 3 November 2022, 22:50 WIB
Berikut ini merupakan jadwal acara televisi di Trans TV hari ini, Selasa, 21 September 2021, akan tayang film Elektra Marvel Comic.
Berikut ini merupakan jadwal acara televisi di Trans TV hari ini, Selasa, 21 September 2021, akan tayang film Elektra Marvel Comic. /Pixabay/Pexels

KARANGANYARNEWS - Siaran TV analog telah resmi dihentikan pemerintah pada Rabu 2 November 2022 malam, sekutar pukul 24.00 WIB kemarin di ratusan kabupaten dan kota. Berikut ini, link dan cara memperoleh set top box alias STB gratis bagi warga miskin untuk dapat menikmati siaran digital.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi menghentikan siaran analog ke digital. Detik-detik berhentinya siaran analog tersebut bahkan sempat viral di media sosial.

Untuk saat ini, Analog switch off (ASO) berlaku di 222 titik, termasuk Jabodetabek, dan penerapannya siap diperluas secara bertahap. Keseluruhan terdapat 514 titik yang ditargetkan akan melaksanakan ASO. 

Baca Juga: Memaknai Risalah dan Syariat Hijrah Serta Jihad di Era Literasi Digital Saat Ini

Seremoni migrasi TV analog menuju TV digital dihadiri oleh Menteri Kominfo Johnny Gerard Plate dan Menko Polhukam Mahfud MD.

"Amanat dari UU Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja, yang di dalamnya disebutkan migrasi televisi terestrial diselesaikan paling lambat 2 November 2022 atau beberapa menit yang lalu," tutur Mahfud MD melalui siaran YouTube Kominfo, Kamis 3 November 2022.

Adapun siaran TV analog mengudara selama 60 tahun terakhir. Sejalan dengan penerapan migrasi siaran televisi atau ASO ini.

Pemerintah juga mulai mendistribusikan set top box alias STB untuk rumah tangga miskin secara nasional. STB disalurkan sejumlah 1.055.360 unit.

Baca Juga: Resmi, Telkom Luncurkan Leap, untuk Percepat Transformasi Digital

Halaman:

Editor: Abednego Afriadi

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x