Study Komparasi ke Klaten: Ketua FKUB Banjarnegara Tanyakan Strategi dan Anggaran Pembentukan PKUB

- 2 Maret 2023, 20:26 WIB
Ingin segera membentuk PKUB Desa dan Kelurahan, FKUB Kabupaten Banjarnegara study komparasi ke FKUB Kabupaten Kabupaten Klaten
Ingin segera membentuk PKUB Desa dan Kelurahan, FKUB Kabupaten Banjarnegara study komparasi ke FKUB Kabupaten Kabupaten Klaten /Dok FKUB/

KARANGANYARNEWS - Sejumlah pertanyaan mengemuka terkait pembentukan PKUB Kecamatan, Desa dan Kelurahan. Baik langkah dan strategi, bagaimana  mengkoordinasikan, soal payung hukum, sampai dari mana anggarannya.

Demikian disampaikan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Banjarnegara Kiai Musobikhun, dalam acara Study komparasi ke FKUB Kabupaten Klaten, kedua kabupaten ini berada di Provinsi Jawa Tengah.

"Semangat kami untuk membentuk Paguyuban Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kecamatan, Desa dan Kelurahan sangat tinggi," kata dia dalam acara yang berlangsung di Ruang Rapat paripurna Gedung DPRD Klaten, Kamis 02 Maret 2023.

Baca Juga: Ketua Umum Asosiasi FKUB Indonesia Sangat Menyayangkan, Pihaknya Tak Dilibatkan Rakornas Pemda dengan FKUB

Semangat dan keinginannya tadi, dimaksud untuk mewujudkan kondisi masyarakat yang kondusif,  dalam peran sertanya FKUB meningkatkan kerukunan antar umat beragama. Hal itu, menurutnya hanya dapat tercipta jika semua pemangku agama dan pemangku kepentingan berperan aktif.

Di Banjarnegara, disebutkan Musobikhun telah ada program yang dilakukan FKUB. Diantaranya Komunitas Pemuda Lintas Agama, Serawung Muda Lintas Agama yang anggotanya pelajar Sekolah Menengah Atas dan pemuda atau mahasiswa.

FKUB Kabupaten Banjarnegara, disebutkan juga mulai ke ranah dunia pendidikan untuk mempererat toleransi. Kerjasama dengan Dinas terkait, dalam rangka menciptakan dan membina keberlangsungan toleransi beragama.

Baca Juga: Syamsuddin Asyrofi: PKUB Garda Terdepan dalam Merawat Kerukunan Umat Beragama

FKUB Kabupaten Banjarnegara, ingin memulai memperkuat jaringannya ke kecamatan dengan rencana pembentukan PKUB Kecamatan. Adanya PKUB Kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara, diharapkan dapat mewujudkan terbentuknya PKUB Desa dan Kelurahan.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x