Jelang Pemilu 2024, Pelajar SMPN 1 Solo Lokakarya Pengutan Demokrasi

- 26 Januari 2024, 17:35 WIB
Ratusan pelajar SMPN 1 Solo dalam acara implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
Ratusan pelajar SMPN 1 Solo dalam acara implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) /Foto: Instagram @smpn1surakarta/

KARANGANYARNEWS - Demokrasi dimulai dari sekolah penggerak dan profil pelajar Pancasila. Kalau ini sudah ada berarti sudah melaksanakan penguatan demokrasi. Karena prinsip demokrasi itu ada dalam Pancasila.

Demikian disampaikan Wakil Wali Kota (Wawali) Solo, Teguh Prakoso dihadapan tak kurang 600 pelajar, dalam acara Lokakarya Pengutan Demokrasi di SMPN 1  Solo, Kamis 25 Januari 2024.

Dalam acara implementasi Kurikulum Merdeka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tersebut, Teguh Prakoso menyampaikan materi terkait peranan lembaga eksekutif di tatanan NKRI.

 Baca Juga: DKPP Putuskan 118 Pelanggaran, Profesionalisme KPU dan Bawaslu Dipertanyakan

Dia Berharap, siswa yang telah memiliki hak suara dimanfaatkan sebaik-baiknya. Secara interaktif, Wawali Solo juga mengajak siswa mempraktikkan kampanye dalam tataran pemilihan ketua kelas.

"Memilih pemimpin dengan mencegah yang buruk supaya tidak memimpin. Bagaimana suara rakyat ini bisa menjadikan orang yang baik jadi pemimpin," kata Teguh Prakoso.

 

Memilih Pemimpin Terbaik

Wawali Kota Solo mengatakan, kegiatan ini sebagai pembekalan untuk siswa. Dimaksud setelah menginjak usia 17 tahun, mereka dapat melaksanakan pesta demokrasi secara baik dan benar.

 Baca Juga: 44.851 ODGJ Masuk DPT Pemilu 2024, Bolehkah Gunakan Hak Pilihnya?

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x