5 Candi di Kabupaten Karanganyar, yang Wajib Dikunjungi

- 8 Mei 2022, 11:55 WIB
Candi Sukuh, tampak dari luar halaman candi
Candi Sukuh, tampak dari luar halaman candi /Astrid Setya /

KARANGANYARNEWS - Karanganyar, sebuah kota kabupaten di wilayah Solo Raya, Jawa Tengah, yang memiliki banyak pesona yang tak bisa dilupakan.

Ada beragam destinasi wisata tersedia di kabupaten ini, sebut saja destinasi wisata seni budaya, wisata alam, wisata agro, wisata kuliner, wisata buatan, wisata sejarah, dan banyak destinasi wisata lainnya.

Bicara wisata sejarah, ada candi-candi di Karanganyar, yang sangat instagramable, berlatar pemandangan alam yang cantik, menyegarkan serta mampu menyedot banyak wisatawan, baik lokal, dalam negeri ataupun luar negeri.

Berikut 5 candi di Kabupaten Karanganyar, yang memiliki kekhasan tersendiri, serta selalu ramai dikunjungi, baik untuk membuang penat, serta penelitian sejarah yang merupakan liputan KaranganyarNews.com serta dilansir dari laman disparpora.karanganyarkab.go.id.

1. Candi Sukuh

Candi berbentuk trapesium yang terletak di Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar ini memiliki hiasan dan relief unik, serta sering disebut candi erotik, karena banyak ditemukan relief penggambaran organ seks pria (Lingga) serta wanita (Yoni).

2. Candi Ceto

Ditemukan pertama kali oleh Van Der Vlis pada tahun 1842, Candi Ceto banyak disebut pengunjung sebagai Candi Besakihnya Jawa, yang memiliki struktur bangunan bertingkat, dengan 13 teras yang memiliki fungsi masing-masing.

3. Candi Kethek

Sejatinya, Candi Kethek merupakan situs bekas bangunan candi yang memiliki empat teras bertingkat, menghadap barat, yang dahulu banyak ditemukan kera serta berada di lereng barat laut Gunung Lawu, tepatnya 300 meter dari Candi Ceto, yang hanya bisa ditempuh dengan jalan setapak.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x