Renungan Harian Kristen - Pentingnya Berada di Habitat Rohani yang Tepat

- 30 Mei 2022, 07:55 WIB
Dalam habitat yang benar, ikan akan bertumbuh dengan baik
Dalam habitat yang benar, ikan akan bertumbuh dengan baik /Dokumentasi : id.pinterest.com/

KARANGANYARNEWS - Setiap hari, Renungan Harian Kristen hadir untuk memberikan kelegaan untuk jiwa-jiwa yang haus dan lapar Firman Tuhan.

Saat hati terasa berat, serahkan bebanmu pada Tuhan, dengan membaca Renungan Harian Kristen, yang bisa membantumu melepaskan masalah yang berat. 

Selamat membaca artikel-artikel dalam Renungan Harian Kristen, semoga iman kita semakin bertumbuh di dalam Tuhan.

Ibrani 10:25 Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat. 

Lili begitu menyukai ikan mas koki, karena bentuknya bulat dan lucu, serta siripnya yang panjang dengan warna cerah yang seolah melambai-lambai, membuatnyai tak pernah bosan untuk melihatnya. Lantas ia membeli dua ekor ikan mas koki dan memelihara dalam sebuah stoples. Ia juga meletakkan seekor ikan sapu-sapu kecil agar stoplesnya bersih dari lumut. 

Sayang, Lili tidak mengerti dan tidak mengetahui jika memelihara ikan mas koki diperlukan aerator, yakni alat untuk menghasilkan gelembung udara, akibatnya ikan-ikan mas koki Lili tidak bertahan lama. Keduanya mati dan hanya tinggal ikan sapu-sapu yang masih hidup. 

Ikan sapu-sapu itu pun dipelihara Lili selama bertahun-tahun. Satu kali, saat Lili berkunjung ke rumah teman yang memiliki kolam ikan koi, ia sangat terkejut melihat beberapa ikan sapu-sapu yang berukuran hampir sebesar lengannya. Ia teringat ikan sapu-sapunya yang awet mungil dan hanya membesar sedikit dari sejak ia membeli. Saat Lili menceritakan keheranannya, teman Lili pun tertawa. Ia berkata bahwa stoples bukanlah habitat ikan sapu-sapu, karenanya jika Lili memelihara di dalam kolam, ikan itu pasti akan bertambah besar dan mencapai ukuran maksimal. 

Dalam Wikipedia dikatakan bahwa habitat merupakan tempat suatu makhluk hidup tinggal serta berkembang biak. Selain fungsi utamanya sebagai tempat tinggal, habitat juga berfungsi menjadi tempat bertumbuh dan berkembang, serta sebagai tempat berkumpul dengan spesies sejenis. Karena itu, makhluk hidup akan bertumbuh secara optimal jika ia berada di habitat yang seharusnya. Kehidupan roh kita pun akan mengalami upgrade secara optimal jika berada di habitat rohani yang tepat. Tentunya dengan tidak menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah serta komunitas rohani yang membangun, maka roh kita akan semakin bertumbuh besar, kuat, dan berbuah lebat untuk kemuliaan Tuhan. 

Doa untuk Hari Ini : 

“Tuhan, kami mengucap syukur atas komunitas rohani dan gereja tempat kami tertanam sekarang ini. Tempat belajar semakin mengenal Engkau serta semakin serupa dengan Engkau. Berkati habitat rohani kami, ya Tuhan. Berikan kami roh kesatuan dan kasih persaudaraan, sehingga kami dapat bertumbuh bersama-sama sebagai anggota keluarga Allah. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.” ***

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x