Renungan Harian Kristen - Pertumbuhan Baik Efek Habitat Baik

- 30 Mei 2022, 14:16 WIB
Berada dalam habitat yang baik, akan menghasilkan pertumbuhan yang baik
Berada dalam habitat yang baik, akan menghasilkan pertumbuhan yang baik /Astrid Setya/

KARANGANYARNEWS - Setiap hari, Renungan Harian Kristen hadir untuk memberikan kelegaan untuk jiwa-jiwa yang haus dan lapar Firman Tuhan.

Saat hati terasa berat, serahkan bebanmu pada Tuhan, dengan membaca Renungan Harian Kristen, yang bisa membantumu melepaskan masalah yang berat. 

Selamat membaca artikel-artikel dalam Renungan Harian Kristen, semoga iman kita semakin bertumbuh di dalam Tuhan.

1 Korintus 15:33  Janganlah kamu sesat: pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik.

Alga plankton adalah organisme yang banyak ditemukan di lapisan permukaan air tawar ataupun perairan laut. Seringkali organisme tadi berjumlah banyak,  sehingga membuat air berubah warna. Salah satu contohnya yakni red tide atau perubahan warna air menjadi merah di perairan laut, dimana peristiwa ini disebut bloom, atau meledaknya populasi alga pada satu ekosistem air. 

Fenomena blooming alga biasanya berwarna hijau, namun terkadang juga ditemui warna lain yakni kuning kecoklatan ataupun merah, tergantung dari spesies serta pigmen warna yang dibawanya. Pertumbuhan alga yang tidak terkendali ini terjadi saat habitat alga tercemar limbah industri serta bahan kimia. Dampaknya yakni kematian berbagai jenis organisme perairan karena paparan racun yang dihasilkan oleh ekskresi alga. 

Habitat yang terkena pencemaran seringkali membuat ketidakwajaran pada pertumbuhan. Rasul Paulus sangat menyadari akan hal ini, karena itu ia memperingatkan serta menegur jemaat di Korintus, saat mereka bergaul dengan masyarakat lokal yang masih menganut ajaran pagan atau penyembahan berhala. Termasuk di dalamnya memuja dewa kesuburan hingga akhirnya mengarah pada percabulan. Rasul Paulus memiliki kekhawatiran bahwa pergaulan yang buruk akan merusak kebiasaan baik yang telah diajarkan para rasul pada jemaat di Korintus. 

Dalam kehidupan sekarang, dengan siapa kita bergaul atau membangun hubungan, mempunyai efek atau pengaruh yang kuat terhadap kehidupan rohani kita. Bersekutu atau bersahabat dengan orang-orang yang rohani akan mempercepat kita menuju kepada kedewasaan iman dan membawa kita kepada kemenangan. 

Sebaliknya, saat kita lebih banyak menghabiskan waktu berhubungan dengan orang-orang yang tidak rohani, kita pun akan tersesat semakin jauh dari Tuhan dan akan terjun bebas menuju kekalahan. Karena itu perhatikanlah dengan seksama dan pilihlah pergaulan dengan bijaksana. Sebab habitat, atau lingkungan dimana kita hidup, akan ikut menentukan pertumbuhan iman rohani kita.

Doa untuk Hari Ini : 

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x