7 Fakta Mengagumkan dan Tak Mungkin Terulang Candi Bororobudur

- 12 Maret 2023, 19:05 WIB
Inilah 7 fakta yang sangat mengagumkan sekaligus tidak mungkin dapat terulang, terkait keberadaan Candi Borobodur
Inilah 7 fakta yang sangat mengagumkan sekaligus tidak mungkin dapat terulang, terkait keberadaan Candi Borobodur /Canva/

KARANGANYARNEWS - Candi Borobudur terletak di Desa Mungkid, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, 15 km di selatan Gunung Tidar.

Gunung yang dalam legenda merupakan pecahan gunung Mahameru di India, dibawa para dewa untuk memaku pulau Jawa agar tidak terombang-ambing di lautan. Borobudur pun menyimpan 7 fakta yang mengagumkan. Dirangkum KaranganyarNews.com dari berbagai sumber, inilah fakta-fakta mengagumkan Candi Borobudur:

Fakta Pertama:

Candi Borobudur didirikan di tengah-tengah ‘Taman Pulau Jawa”. Daerah sekitar Gunung Tidar, dikenal dengan sebutan “ Dataran Kedu”. Tanahnya subur, penduduknya rajin bekerja, menjadikan daerah ini sisebut “Taman Pulau Jawa”.

Baca Juga: Misteri Relief Ditimbun 13.000 Meter Kubik Batu di Kaki Candi Borobudur, Benarkah Porno?

Di tengah-tengah Taman Pulau Jawa inilah Candi Borobodur didirikan oleh raja-raja dari Dinasti Sailendra, Taman Pulau Jawa dikelilingi gunung dan pegunungan.

Di sebelah Timur dipagari Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. di Barat dipagari Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, sementara di utara dan selatan dipagari rangkaian pegunungan Tidar dan Menoreh.

Puncak pegunungan Menoreh jika dilihat dari Candi Borobudur, bentuknya menyerupai seseorang yang sedang tidur terlentang di atas pegunungan. Dalam cerita legenda, seseorang yang sedang tidur di atas pegunungan Menoreh itu adalah sang Gunadharma, dalam cerita legenda dipercaya sebagai arsitek yang menciptakan bentuk Candi Borobudur.

Baca Juga: Pasar Klithikan Pakuncen Yogyakarta, Surga Pencari dan Kolektor Barang Jadul

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x