Hanya Ada di Turi, Sleman: 3 Varian Salak Paling Rekomended, Wajib Dicicipi dan Dijadikan Buah Tangan

- 24 Februari 2023, 18:35 WIB
Inilah 3 varian salak di Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman, DIY, paling rekomended dicicipi dan dijadikan oleh-oleh
Inilah 3 varian salak di Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman, DIY, paling rekomended dicicipi dan dijadikan oleh-oleh /Arief Winarko/ KaranganyarNews/

KARANGANYARNEWS - Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dikenal sebagai daerah tujuan wisata alam dan kuliner. Menjadi destnasi tersendiri bagi wisatawan, baik lokal maupun manca.

Luas wilayah Kabupaten Sleman yang terdiri 86 Kalurahan dan 17 Kapanewon (Kecamatan), dari batas wilayah timur bersebelahan dengan Kabupaten Klaten, sebelah barat bersebelahan Kabupaten Magelang dan sebelah selatan berbatasan Kabupaten Purworejo.

Bentangan luas lereng Gunung Merapi, merupakan eksoktika tersendiri  dengan hamparan bukit dan pertanian. Kondisi alamnya sangat bersahabat,  dengan berbagai jenis tanaman termasuk buah-buahan,  menjadikan Sleman dikenal akan potensi wisata alam, pertanian dan kulinernya.

Baca Juga: Es Telang Lemon Ala Kedai Kopissantung, Sensasi Segarnya Berselimut Sederet Khasiat Herbal

Buah salak menjadi sentra utama di Sleman, dengan bentuknya yang unik pohonya mirip kelapa sawit,  dapat kita jumpai di sepanjang jalan wilayah Turi Sleman. Tanaman buah salak yang berjajar rapi, menjadi pemandangan tersendiri bagi wisatawan yang menuju ke lereng Gunung Merapi.

Buahnya cukup unik karena bersisik, varianya hanya ada 3 jenis dan keseluruhannya diminati semua kalangan, karena rasanya yang manis dan lezat. Bahkan, salak produk agrobisnis Sleman ini, pernah dieksport ke beberapa negara.

Perjalanan KaranganyarNews.com menyempatkan singgah di kios ibu Suwar, 62 tahun, petani dan pedagang salak  yang ada di jalan Turi, Kapanewon, Kabupaten Sleman. Di sepanjang jalan ini, juga berderet pedagang salak khas Sleman yang dapat dijadikan oleh-oleh atau buah tangan wisatawan.

Baca Juga: 4 Destinasi Pantai Putih di Bantul: Unik, Eksotik dan Instagramable

Berikut 3 jenis atau varian salak khas Kapanewon Turi, Kabupaten  Sleman, terekomended yang wajib kalian cicipi para wisatawan:

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x