Puasa Syawal Sekalian Teruntuk Melunasi Utang Puasa Ramadhan, Bolehkah?

- 11 April 2024, 08:05 WIB
Umat Islam yang memiliki utang ibadah fardlu Puasa Ramadhan, bolehkah dilunasi bersamaan dengan puasa Syawal?
Umat Islam yang memiliki utang ibadah fardlu Puasa Ramadhan, bolehkah dilunasi bersamaan dengan puasa Syawal? /Freepik/

KARANGANYARNEWS - Karena situasi tertentu, Muslim dan atau Muslimat terpaksa tidak dapat menyelesaikan atau memiliki utang ibadah fardlu Puasa Ramadhan. Bolehkah puasa Syawal sekalian teruntuk melunasi utang Puasa Ramadhan?

Puasa Ramadhan, ibadah fardlu atau wajib dijalani seluruh umat Islam yang telah akhil baliq. Karena alasan tertentu, ada yang diberi keringanan tidak menjalankan. Namun demikian diwajibkan mengganti atau melunasi utang puasanya di hari lain setelah Bulan Suci Ramadhan.

Terkait alasan tertentu yang menjadikan muslim dan muslimat diberi keringanan tidak menjalankan Puasa Ramadhan tadi, juga telah tersurat secara rinci dalam syariat Islam.

 Baca Juga: Biarlah Bulan Suci Ramadhan Berakhir, Nikmat Allah Tiada Akhir

Diantaranya karena sakit, orang tua yang sudah udzur, wanita hamil, wanita haid dan nifas sehingga dikarenakannya mereka tidak dapat menjalani atau menyelesaikan ibadah fardlu Puasa Ramadhan.

Di sisi lain, setelah Bulan Suci Raamadhan umat Islam disunahkan melakukan puasa syawal selama enam hari, boleh dijalani secara berurutan diperbolehkan juga tidak, asalkan hitungannya genap dan masih di bulan Syawal.

 

Tata cara Puasa Syawal

Pertanyaan yang sering mencuat dalam forum kajian Islam maupun berbagai lini media sosial, bolehkah ibadah puasa Syawal dilakukan secara bersamaan dengan puasa qadha teruntuk melunasi Puasa Ramadhan?

Baca Juga: Falsafah Filosofi Reliqius Ketupat Lebaran, dalam Budaya Jawa 

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x