Resep Torpedo Sapi Ungkep Idul Adha, Bisa Disimpan, Digoreng Dadakan Nikmat Bukan Kepalang

- 7 Juli 2022, 21:21 WIB
Resep torpedo ungkep yang sudah digoreng dadakan
Resep torpedo ungkep yang sudah digoreng dadakan /Instagram


KARANGANYARNEWS - Resep torpedo sapi ungkep Idul Adha ini hasilnya nikmat luar biasa sampai ke ubun-ubun. Selain lunak dan nglawuhi, torpedo sapi juga memiliki tekstur yang lembut di dalamnya sehingga mudah menyerap sedapnya bumbu resep yang disisipkan.

Seperti diketahui, hampir semua bagian dari tubuh hewan kurban Idul Adha enak untuk disantap, tentu saja dengan berbagai variasi bahan bumbu di setiap resepnya. Salah satunya adalah torpedo sapi yang dimasak ungkep. Ciri khas torpedo adalah memiliki tekstur yang lunak tapi terlindungi oleh selaput urat yang lumayan liat.

Maka butuh unsur bumbu di dalam resep dan teknik memasak yang tepat guna menghindari liatnya torpedo sapi. Selain itu, teknik memasak yang tepat juga dapat menghilangkan sugesti atau perasaan kesan amis dan pesing pada torpedo sapi, begitu juga dengan kambing.

Baca Juga: Resep Tongseng Torpedo Sapi, Menu Spesial Idul Adha yang Mudah Banget, Rasanya Ngilu-ngilu Sedap

Nah, ini dia resep torpedo sapi ungkep yang dapat Anda praktikkan jika mendapatkan torpedo sapi di Idul Adha yang penuh kegembiraan tahun ini.

BAHAN
5 buah torpedo sapi.
3 lembar daun jeruk purut.
1/2 ruas kunyit atau kunir.
5 buah kemiri.
3 buah bawang putih.
Air secukupnya
1 batang serai, geprek
Garam secukupnya
Ketumbar bubuk, 3 sendok teh

CARA MEMBUAT
1. Bersihkan torpedo sapi sampai benar-benar bersiH
2. Resbus torpedo sapi sampai setengah matang atau kira-kira 10 menit, agar mudah untuk dipotong atau tidak hancur.
3. Angkat dan tririskan
4. Potong-potong torpedo
5. Lumuri potongan torpedo dengan garam dan perasan jeruk nipis. Lalu diamkan selama 5 menit guna menetralkan aruma amis, prengus dan pesing. Setelah itu cuci kembali hingga bersih.
6. Cuci bawang putih, kemiri, kunyit, daun jeruk purut, sereh. Blender bawang putih, kemiri, kunyit, 1 lembar daun jeruk purut.
7. Tuang ke wajan masukkan 2 lembar daun jeruk purut dan serai yang sudah digeprek tambahkan air, garam, ketumbar bubuk.
8. Setelah mendidih masukkan torpedo, masak hingga air menyusut
9. Simpan torpedo bumbu ungkep ke dalam wadah tertutup.
10. Simpan ke dalam freezer dan siap digoreng dadakan kapan saja.

Baca Juga: Resep Nasi Kebuli Kambing untuk Idul Adha, Pokoknya Dahsyat

Demikian tadi resep torpedo sapi ungkep yang nikmat enggak ketulungan. Silakan di untuk mengolah torpedo di saat Idul Adha seperti saat ini. Bukan tidak mungkin, momen memasak tongseng torpedo ini menjadi ide cemerlang untuk merintis usaha kuliner dengan menu utama torpedo sapi. Selamat mencoba, semoga bermanfaat, selamat menikmati.!!!***

Editor: Abednego Afriadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x