Renungan Harian Kristen - Roh Kudus Beri Anggur Belas Kasihan

- 10 Juni 2022, 07:17 WIB
Hidup penuh belas kasihan terbentuk karena melekat dengan Firman Tuhan
Hidup penuh belas kasihan terbentuk karena melekat dengan Firman Tuhan /Astrid Setya/

KARANGANYARNEWS - Setiap hari, Renungan Harian Kristen hadir untuk memberikan kelegaan untuk jiwa-jiwa yang haus dan lapar Firman Tuhan.

Saat hati terasa berat, serahkan bebanmu pada Tuhan, dengan membaca Renungan Harian Kristen, yang bisa membantumu melepaskan masalah yang berat. 

Selamat membaca artikel-artikel dalam Renungan Harian Kristen, semoga iman kita semakin bertumbuh di dalam Tuhan.

Matius 9:13 Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.”

Lahir baru merupakan titik awal perubahan hidup bagi Richard. Satu per satu bagian hidupnya mulai berubah seturut firman Tuhan. Ia pun mengikuti setiap kegerakan yang diadakan gerejanya. Hal yang tak bisa dilupakan adalah saat pertama kali mengikuti KKR Pencurahan Roh Kudus. Saat itu, Richard mengalami pengalaman yang tidak biasa dan hal ini mengubah pola pikir serta hidupnya. 

Saat mengikuti KKR 10 hari di gereja, Richard yang hendak berdoa untuk segala permasalahan hidupnya, tiba-tiba digerakkan Roh Kudus untuk mendoakan orang lain. Ia merasa hatinya dipenuhi belas kasihan bagi orang lain, sehingga ia tidak berdoa untuk kepentingan sendiri. Bahkan saat sudah pulang dari gereja, hatinya merasa terus ingin mendoakan orang lain, sehingga di jalan-jalan yang dilewati, Richard berdoa bagi orang yang dilewatinya. Ia merasakan bahwa apa yang dilakukannya itu tidak lain karena Roh Kudus sudah tercurah dalam hidupnya dan memenuhi dirinya dengan belas kasihan akan orang-orang di sekelilingnya.

Sebenarnya, jika kita mau memperhatikan keadaan di sekeliling, ada banyak orang yang sangat membutuhkan bantuan ataupun uluran tangan kita. Bukan masalah materi saja, tetapi doa dapat menjadi sarana untuk membantu orang-orang di luar sana. Namun kenyataannya, tidak sedikit orang yang memilih diam atau tidak peduli akan keadaan di sekelilingnya, sebab manusia cenderung lebih berfokus kepada dirinya sendiri.

Namun, akan berbeda saat hidup kita dipenuhi dengan Roh Kudus. Anggur baru belas kasihan akan dicurahkan bagi kita, sehingga tanpa disadari, kita bisa tergerak untuk melakukan sesuatu karena ada rasa belas kasihan. Percayalah, di momen Pentakosta ini, Tuhan akan mencurahkan Roh Kudus bagi setiap kita dan kita akan dipenuhi anggur baru, anggur belas kasihan bagi setiap orang yang ada di sekeliling kita. Oleh karena itu, mari kita meminta agar anggur yang baru itu Tuhan curahkan secara melimpah dalam hidup kita. ***

Doa untuk Hari Ini : 

Tuhan, kami mengucap syukur atas Roh Kudus yang Engkau curahkan bagi kami. Penuhilah hidup kami dengan Roh Kudus-Mu, sehingga hidup kami akan melimpah dengan anggur baru belas kasihan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami telah berdoa. Amin.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x