5 Fakta Menarik Candi Sari, Candi Bertingkat Wihara Buddha

- 12 Maret 2023, 20:05 WIB
Banyak fakta menarik ditemukan di Candi Sari, berikut 7 diantaranya yang terdapat pada candi Buddha tersebut
Banyak fakta menarik ditemukan di Candi Sari, berikut 7 diantaranya yang terdapat pada candi Buddha tersebut /Jogjaprov.co.id/

KARANGANYARNEWS – Candi Sari terletak tak jauh dari Candi Kalasan, dan sejarah Candi Buddha ini memang sangat berkaitan erat dengan Candi Kalasan.

Candi Sari merupakan Candi Buddha yag amat menarik, banyak fakta-fakta menarik yang ditemukan pada Candi Buddha yang nampak seperti bangunan bertingkat tiga itu. Dirangkum dari berbagai sumber pustaka, KaranganyarNews.com menemukan 7 Fakta menarik pada Candi Sari ini.

Fakta pertama, adalah bentuk bangunan candinya yang tidak lazim. Kebanyakan bentuk bangunan hasil kesenian khas Jawa Hindu-Buddha adalah bujur sangkar, tetapi denah bangunan Candi Sari adalah persegi panjang, dengan ukuran 17, 30 x 10 meter.

Baca Juga: Candi Jago Bukti Kehebatan Toleransi Raja Kertanegara Singasari

Fakta menarik kedua, Candi Sari adalah bangunan candi yang bertingkat. Ditambah adanya jendela-jendela pada tiap-tiap sisi, baik pada tingkatan bawah maupun pada tingkatan atas, menyebabkan semakin uniknya Candi sari. Hanya ada yang sejenis dengan keunikan di candi sari, yaitu Candi Plaosan.  

Menurut ahli purbakala Bernet Kempers, Candi Sari ini aslinya memang merupakan bangunan bertingkat dua atau bahkan tiga. Lantai atas dulunya digunakan untuk menyimpan barang-barang untuk kepentingan keagamaan juga untuk meditasi, sedangkan lantai bawah dipergunakan untuk kegiatan keagamaan, seperti belajar-mengajar agama Buddha dan juga tempat berdiskusi. 

Dari luar sudah terlihat dengan jelas bahwa tubuh candi terbagi menjadi dua tingkat, yaitu dengan adanya dinding yang menonjol melintang seperti "sabuk" mengelilingi bagian tengah tubuh candi.

Baca Juga: Meruwat Kutukan Hidup di Candi Sukuh Gunung Lawu, Karanganyar

Pembagian tersebut diperjelas dengan adanya tiang-tiang rata di sepanjang dinding tingkat bawah dan relung-relung bertiang di sepanjang dinding tingkat atas.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x